PENDALAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Kasus di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan)

Kholil Chusyairi, NIM.: 22204012014 (2024) PENDALAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Kasus di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDALAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Kasus di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan))
22204012014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDALAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING (Studi Kasus di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan))
22204012014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pendalaman karakter disiplin siswa melalui pembelajaran kitab kuning di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan. Kitab kuning merupakan teks Islam klasik yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi berfungsi sebagai sarana pengembangan karakter, terutama disiplin. Kitab-kitab tersebut diantaranya adalah kitab ‘Aqidatul ‘Awām, Ażkāru Ṣalat, Akhlāq Lil Banīn, dan Waṣayā Al-Abāi Lil Abnāi. Kitab-kitab ini memainkan peran penting dalam pendalaman karakter siswa di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan dalam hal keyakinan, ibadah, dan perilaku. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX MTs Hasyim Asy’ari Piyungan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melibatkan purposive sampel untuk memilih responden yang dianggap memahami proses pendalaman karakter disiplin melalui kitab kuning. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran kitab kuning di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan berperan penting dalam pendalaman karakter disiplin siswa. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan dengan menggunakan metode bandongan dan sorogan telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan dalam pendalaman karakter dan kedisiplinan siswa. Indikator utama dari keberhasilan tersebut adalah Pertama, peningkatan ketepatan waktu, dimana siswa diajarkan untuk menghargai waktu dan melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggung jawab. Kedua, pembelajaran kitab kuning mendorong kemandirian dalam belajar dengan menekankan pentingnya kedisiplinan dan keseriusan dalam menghafal dan memahami materi, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dan kemandirian akademik siswa. Ketiga, kitab kuning turut berkontribusi dalam pendalaman karakter disiplin dengan menekankan pada perilaku yang baik seperti hormat kepada orang tua dan tanggung jawab terhadap tindakan sendiri, dan hal tersebut diterima dengan baik oleh para orang tua siswa dan mendukung program kitab kuning tersebut. Keempat, keberhasilan lainnya tercermin dari tingkat partisipasi aktif siswa dalam berbagai kegiatan sekolah, seperti mujahadah, doa bersama, dan salat berjamaah, yang menunjukkan keterlibatan siswa dalam kehidupan sosial dan keagamaan. Kelima, pembelajaran kitab kuning membentuk kebiasaan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, antara lain menepati waktu salat, mengikuti rutinitas harian dengan penuh tanggung jawab, dan menaati peraturan yang ada. Secara keseluruhan, penerapan kitab kuning di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan, baik dalam konteks akademik maupun dalam kehidupan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: character development; discipline; kitab kuning
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:54
Last Modified: 04 Feb 2025 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum