Tri Wahyu Lestari, NIM.: 20104050030 (2024) EFEKTIVITAS PJBL-MIND MAPPING BERMUATAN SDGS PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PJBL-MIND MAPPING BERMUATAN SDGS PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA)
20104050030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EFEKTIVITAS PJBL-MIND MAPPING BERMUATAN SDGS PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA)
20104050030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika khususnya pada materi energi terbarukan masih rendah oleh karena itu perlu upaya peningkatan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Pjbl-Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir peserta didik setelah menerapkan model PjBL-Mind Mapping, 2)untuk mengetahui model PjBL-Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, 3)untuk mengetahui penerapan model PjBL-Mind Mapping bermuatan SDGs yang efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA/MA. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian mencakup tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Data dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu juga penelitian ini dikuatkan dengan adanya project berupa proyek mind mapping yang dibuat peserta didik.Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini diterapkan pada satu kelas eksperimen. Instrumen Penelitian berupa lembar soal yang berbentuk tes uraian untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Adapun untuk hasil penelitian pada rata-rata nilai pretest dari 29,03 menjadi rata-rata nilai posttest. sebesar 75,91. Sedangkan uji N-Gain berada taraf sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa model pjbl-mind mapping efektif untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Sehingga dapat memberikan dampak kepada peserta didik dalam melatih kolaborasi dalam membuat proyek mind mapping dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Ika Kartika, S.Pd., M.Pd.Si |
Uncontrolled Keywords: | critical thinking skills, pjbl-mind Mapping |
Subjects: | 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 15:30 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 15:30 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69788 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |