Nurul Aziza M. Lusi., NIM.: 19104030030 (2024) PROGRAM KOMPUTER KIDS SEBAGAI PENGENALAN LITERASI DIGITAL DI RAUDHOTUL ATHFAL NURUL ILMI PATALAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PROGRAM KOMPUTER KIDS SEBAGAI PENGENALAN LITERASI DIGITAL DI RAUDHOTUL ATHFAL NURUL ILMI PATALAN BANTUL YOGYAKARTA)
19104030030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PROGRAM KOMPUTER KIDS SEBAGAI PENGENALAN LITERASI DIGITAL DI RAUDHOTUL ATHFAL NURUL ILMI PATALAN BANTUL YOGYAKARTA)
19104030030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan perlunya ada pengenalan terhadap siswa/siswi di RA Nurul Ilmi dengan literasi digital agar anak tidak kaku atau dengan alat-alat digital.Tujuan penelitian ini untk mendiskripsikan: (1) Pengenalan literasi digital di raudhotul Athfal Nurul ilmi Patalan batul yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambat pada pengenalan literasi digital kids di RA Nurul Ilmi Patalan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – November 2023 yang bertepatan di RA Nurul Ilmi Patalan Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan program komputer kids sebagai pengenalan literasi digital di Raudhotul Athfal Nurul Ilmi Patalan Bantul Yogyakarta menggunakan metode klasikal. Studi di RA Nurul Ilmi menunjukkan bahwa anak-anak belajar tentang berbagai topik, seperti mengenal huruf, angka, warna, logika, menyamakan bentuk dan lebih mungkin untuk terlibat dalam kegiatan belajar komputer. Dalam pembelajaran komputer di RA Nurul Ilmi Patalan Bantul mengasah pengembangan keterampilan digital yang melibatkan lima aspek: keterampilan bahasa, emosional, kognitif, moral, dan motorik. Adapun faktor pendukungnya adalah anak-anak yang antusias pada saat mengikuti pembelajaran, sedangkan faktor penghambat nya ialah jadwal dari sekolah ataupun dari luar yang bertabrakan dengan jadwal komputer sehingga pembelajaran komputer ditiadakan dan tidak adanya jam pengganti bagi siswa yang tidak berangkat sekolah pada saat jadwal ekstrakulikuler komputer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Rohinah S.Pd.I,M.A. |
Uncontrolled Keywords: | komputer kids; literasi digital |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 15:35 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 15:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69789 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |