Muhammad Ridwan Budiarto, NIM.: 18104010090 (2024) STUDI KOMPARASI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TPQ WALISONGO SUKOHARJO DAN TPQ AL HIMMAH KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI KOMPARASI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TPQ WALISONGO SUKOHARJO DAN TPQ AL HIMMAH KLATEN)
18104010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (STUDI KOMPARASI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TPQ WALISONGO SUKOHARJO DAN TPQ AL HIMMAH KLATEN)
18104010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter menjadi hal penting untuk membentuk generasi yang bermoral dan berintegritas, terutama di tengah tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi. Di sinilah peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sangat krusial, karena selain mengajarkan ilmu agama, TPQ juga fokus pada pembentukan karakter santri. Melalui pendidikan di TPQ, nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab diinternalisasi untuk membentuk akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penanaman pendidikan karakter di TPQ Walisongo Sukoharjo dan TPQ Al Himmah Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan TPQ Walisongo Sukoharjo dan TPQ Al Himmah Klaten sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitan menunjukan bahwa : (1) Implementasi penanaman pendidikan karakter di kedua TPQ sudah berjalan dengan baik dengan menerapkan nilai-nilai karakter religius, kejujuran, disiplin, tanggungjawab, sopan santun, rasa peduli dan akhlak mulia melalui kegiatan pembelajaran seperti baca tulis al Qur’an, hafalan, praktek ibadah, berbicara santun dengan guru dan menghargai sesama serta aktif dalam kegiatan TPQ. (2) Persamaan dalam penanaman pendidikan karakter di TPQ Walisongo dan TPQ Al Himmah, yaitu pada visi dan misi yang sama, target operasional yang jelas, serta metode dan media pembelajaran yang serupa. Kedua TPQ juga memiliki sarana dan prasarana yang digunakan dalam kegiatan TPQ, jumlah santri dan guru yang tidak jauh berbeda, serta evaluasi pembelajaran yang sederhana. (3) Adanya perbedaan penanaman pendidikan karakter di TPQ Walisongo dan TPQ Al Himmah dilihat dari berbebagi indikator yaitu penerapan nilai-nilai karakter, aktivitas pendidikan karakter di TPQ, metode pendidikan karakter, dan partisipasi/keaktifan santri serta perilakunya. Setiap indikator tersebut mempengaruhi efektivitas penanaman pendidikan karakter di kedua lembaga. (4) Tantangan yang ditemukan seperti tidak adanya pembatas kelompok kelas, perbedaan latar belakang santri, peran orang tua yang belum optimal, pengaruh media sosial dan teknologi dan minimnya program pendidikan karakter yang sistematis. Adapun hambatannya keterbatasan sarana dan prasarana, evaluasi program yang kurang terstruktur dan kualitas guru yang tidak merata memiliki kemampuan pengajaran pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Asniyah Nailasariy, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | studi komparasi; pendidikan karakter; TPQ |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:34 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 08:34 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69800 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |