IMPLEMENTASI INTEGRASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Danang Dwi Prasetyo, NIM.: 17304016009 (2024) IMPLEMENTASI INTEGRASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17304016009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17304016009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Integrasi pembelajaran dalam pendidikan Islam menghadapi tantangan yang signifikan, terutama dalam merancang kurikulum yang mampu menggabungkan ilmu agama dan umum secara seimbang tanpa kehilangan inti dari masing-masing disiplin. Untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, diperlukan kolaborasi harmonis antara guru mata pelajaran agama dan umum, sehingga pembelajaran tidak hanya mendidik secara akademis tetapi juga memperkuat karakter siswa melalui penerapan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi Implementasi integrasi pembelajaran agama Islam di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, termasuk model, metode serta strategi yang digunakan. Guru diharapkan memiliki pemahaman tentang cara mengkolaborasikan materi ajar dengan nilai-nilai Islam, agar integrasi tidak sekadar berfokus pada pembelajaran, tetapi juga pada pembentukan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Jenis penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian ini dan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup tiga tahapan utama: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA IT Abu Bakar Yogyakarta berupaya mengintegrasikan pembelajaran agama dengan pendekatan modern dan interaktif, meski masih ada ruang untuk pengembangan. Integrasi dilakukan dengan memperkuat kerjasama antar guru, menggunakan metode kreatif, dan mengevaluasi secara holistik untuk menciptakan lingkungan belajar yang relevan. Sekolah ini mengimplementasikan tiga model integrasi pembelajaran menurut teori Robin Fogarty: Model Terbagi (Shared), Model Jaring Laba-laba (Webbed), dan Model Integrasi (Integrated), yang menggabungkan berbagai mata pelajaran dengan topik relevan. Metode yang digunakan beragam, termasuk ceramah, diskusi, simulasi, dan penggunaan teknologi. Strategi fleksibel dan holistik mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, yang membantu pengembangan nilai-nilai Islam dan keterampilan praktis siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information / Supervisor: Promotor: Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dan Promotor: Prof. Dr. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: integrasi pembelajaran; pembelajaran terpadu; model pembelajaran
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:57
Last Modified: 05 Feb 2025 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum