Wiji Hidayati, - (2024) PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MATERI NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM KKA PADA KELOMPOK KADER BKB DI DUSUN KANDANGSARI SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Documentation. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. (Unpublished)
|
Text (PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MATERI NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM KKA PADA KELOMPOK KADER BKB DI DUSUN KANDANGSARI SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
pendampingan pengebangan materi nilai agam.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1738808433.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Pengabdian masyarakat bertujuan untuk mendiskripsikan pendampingan kader BKB dan Posyandu dalam mengembangkan materi nilai nilai Agama dan moral hal ini urgen karena ruang lingkup materi nilai nilai Agama belum terperinci dalam KKA, dalam Kartu Kembang Anak (KKA) berisikan tugas perkembangan anak meliputi tujuh aspek perkembangan yaitu : 1.Gerakan Kasar (GK) 2. Gerakan Halus (GH) 3. Komunikasi Pasif (KP) 4. Komunikasi Aktif (KA) 5. Kecerdasan (KC) 6. Menolong Diri Sendiri (MD) 7. Tingkah Laku Sosial (TS) (BKKBN, 2012). Merupakan petunjuk-petunjuk bagi kader BKB, bagi orang tua atau pengasuh dalam menuntun anak untuk memaksimal potensi perkembangan anak. perlu ditambahkan materi nilai nilai Agama dan moral untuk optimalisasi tumbuh kembang fitrah agama anak balita yang menjadi tanggungjawab orang tua dalam Keluarga Subyek dalam pengabdian ini adalah ibu-ibu sejumlah 35 orang tergabung dalam kelompok kader BKB dan kader POSYANDU di dusun Kandangsari Sukoharjo Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, adapun model pendampingan mengadaptasi model pendampingan dari pengabdian Wiji Puspita Sari et al. pendampingan dilaksanakan tiga tahapan pertama, sosialisasi, kedua, Pelaksanaan pendampingan serta ketiga monitoring dan evaluasi.(Wiji Puspita Sari et al., n.d.) Tahapan sosialisasi dalam bentuk ceramah urgensi pengembang materi kedua, Pelaksanaan workshop pendampingan terhadap kader BKB dalam mengembangkan materi nilai nilai Agama dan moral untuk mengembangkan fitrah agama dengan mengadaptasi model buku pedoman penulisan buku ajar peningkatan kompetensi pendidik PAUD 2012 Pengembang materi dapat melakukan kegiatan mengemas ulang materi atau informasi (information repackaging/text transformation) penulis tidak perlu menyusun sendiri dari awal (from nothing atau from melainkan memanfaatkan buku-buku, textbook, paper, dan informasi lain yang sudah ada. serta menghimpun tulisan dari berbagai sumber yang terkait dan relevan dengan tema (compilation atau wrap around text). Pendidikan Anak Usia Dini, ketiga monitoring dan evaluasi kesesuaian materi nilai nilai Agama dan moral dengan tingkat pencapaian perkembangan nilai agama dan moral Hasil Pengabdian ini berbentuk kegiatan pendampingan kader BKB dan kader Posyandu dengan berupaya fokus pada perluasan pengembangan materi nilai nilai Agama dan moral didapatkan adanya ruang lingkup materi agama yang ditambahkan dalam perluasan materi KKA sesuai tingkat pencapaian perkembangan nilai agama dan moral anak
| Item Type: | Monograph (Documentation) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendampingan, pengembagan materi , KKA |
| Subjects: | Pendidikan |
| Divisions: | Makalah |
| Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
| Date Deposited: | 06 Feb 2025 09:47 |
| Last Modified: | 06 Feb 2025 09:47 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69838 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
