PENGARUH PENERAPAN JIGSAW BERBANTUAN FLASHCARD KUARTET DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANJARNEGARA

Siva Khoirun Nisa, NIM.: 20104010007 (2024) PENGARUH PENERAPAN JIGSAW BERBANTUAN FLASHCARD KUARTET DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN JIGSAW BERBANTUAN FLASHCARD KUARTET DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANJARNEGARA)
20104010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN JIGSAW BERBANTUAN FLASHCARD KUARTET DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SUMBEREJO BANJARNEGARA)
20104010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan masih rendahnya hasil belajar PAI dan Budi Pekerti, dibuktikan dari hasil pretest yang masih rendah, serta masih kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Sumberejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh penerapan jigsaw berbantuan flashcard kuartet dalam pembalajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experiment bentuk one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa kelas IV SDN 2 Sumberejo Banjarnegara dengan jumlah 39 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus point biserial untuk uji validitas, rumus Alfa Cronbach untuk uji reliabilitas, serta uji Paired Sampel T-test dan uji N-Gain untuk uji hipotesis.v Hasil dari penelitian bahwa: 1) Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Pada pertemuan pertama pembelajaran dilakukan dengan model jigsaw berbantuan flashcard. Pada pertemuan kedua dilakukan pembelajaran dengan permainan, peserta didik memainkan flashcard. 2) Terdapat pengaruh penerapan jigsaw berbantuan flashcard kuartet dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumberejo Banjarnegara. Dibuktikan dengan peningkatan skor hasill belajar dari 43,6923 menjadi 70,5128. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar pretest posttest. Sehingga hasil belajar peserta didik meningkat dengan N-Gain = 0,563193455, maka dengan itu termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan N-Gain skor dalam persen mendapatkan 56,31934547, angka tersebut termasuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Yuli Kuswandari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Flashcard Kuartet, PAI ,Budi Pekerti, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2025 10:42
Last Modified: 06 Feb 2025 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum