Ridwan Faqih Sihono, NIM.: 20104010065 (2025) HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS X SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS X SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS X SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sentolo menjadi perhatian penting, terutama dalam membangun sikap toleransi beragama di kalangan siswa yang mengakibatkan siswa beragama islam menyepelekan,kurangnya empati dan toleransi kepada siswa yang beragama non muslim, dan mengindikasikan masih kurang dalam pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA N 1 Sentolo Tahun Ajaran 2024/2025. (2) mendiskripsikan tingkat toleransi beragama toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo tahun ajaran 2024/2025 (3) menguji secara empiris hubungan antara pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sentolo kelas X. Dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas A,C, dan E. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu Skala Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Skala Toleransi Beragama. Penulis melakukan uji kelayakan instrument berupa validitas menggunakan teknik Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas alpha cronbach’. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam siswa kelas X SMA N 1 Sentolo termasuk dalam kategori tinggi (N = 80, Mean = 100,23, dan Std. Deviation = 3,304). (2) toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo termasuk dalam kategori tinggi (N = 80, Mean = 78,76, dan Std. Deviation = 4,372). (3) ada hubungan positif signifikan antara pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam dengan toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo, artinya semakin kuat pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam, maka semakin kuat toleransi beragama, begitu pula sebaliknya ( ρ) = 0,231 p (-1 tailed = 0,018<0,05.)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sri Purnami, S.Psi. M.A |
Uncontrolled Keywords: | Toleransi Beragama, Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 10:48 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 10:48 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69843 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |