PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Luthfiasari Rahmadhani, NIM.: 20104040047 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA)
20104040047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA)
20104040047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya kemampuan representasi matematis yaitu meningkatkankan kemampuan komunikasi matematis, membantu memahami konsep matematika, memecahkan masalah matematika, serta menjadikan gagasan matematis menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar (MA) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi statistika SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menghasilkan produk Modul Ajar Realistic Mathematics Education (RME) materi statistika yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A di MTs Negeri 7 Boyolali. Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian modul ajar, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal penilaian kemampuan representasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi statistika berhasil dikembangkan melalui lima tahapan pengembangan ADDIE; modul ajar yang dikembangkan mendapat kualitas penilaian sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata validasi 220; respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan modul ajar mendapatkan penilaian positif sebesar 54,4; respon pendidik terhadap pembelajaran matematika menggunakan modul ajar mendapat penilaian positif sebesar 45; modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) efektif karena 64% peserta didik mampu mencapai nilai kriteria minimal yang ditentukan; modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis pada materi statistika yang dikembangkan telah mendapatkan penilaian valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nidya Ferry Wulandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Ajar, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2025 10:53
Last Modified: 06 Feb 2025 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum