Ulil Hikmah, NIM.: 20104040058 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE)
20104040058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE)
20104040058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemodelan matematika dan self-confidence. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan nonequivalent kontrol group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan dua variabel terikat berupa kemampuan pemodelan matematika dan self-confidence. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Sleman dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang berjumlah 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga kelas VIII B dan VIII C mewakili populasi penelitian. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest, posttest, prescale, postscale, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan effect size. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil analisis uji independent sample t-test kemampuan pemodelan matematika dilihat dari nilai sig.(2−tailed)2 yaitu sebesar 0,0035 < 0,05, sedangkan self-confidence dilihat dari nilai sig.(2−tailed)2 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, keduanya memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji effect size pada kemampuan pemodelan matematika dan self-confidence menunjukkan effect sedang dengan masing-masing nilai effect sizenya sebesar 0,627 dan 0,709.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Pemodelan Matematika, Self-Confidence |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 06 Feb 2025 10:56 |
| Last Modified: | 06 Feb 2025 10:56 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69846 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
