Didin Rojudin, NIM.: 22204021026 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI NAḤWU DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL FUNGSIONAL DI MADRASAH DINIYAH PESANTREN FATHUL HUDA PRAMBANAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI NAḤWU DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL FUNGSIONAL DI MADRASAH DINIYAH PESANTREN FATHUL HUDA PRAMBANAN)
22204021026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI NAḤWU DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL FUNGSIONAL DI MADRASAH DINIYAH PESANTREN FATHUL HUDA PRAMBANAN)
22204021026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kesulitan yang dialami santri kelas Jurumiyah di Madrasah Diniyah Pesantren Fathul Huda dalam memahami ilmu naḥwu. Berdasarkan data, sebanyak 83,3% santri kelas Jurumiyah di Madrasah Diniyah Pesantren Fathul Huda menganggap ilmu naḥwu sebagai pelajaran yang sulit, dan 75% di antaranya mendukung pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi untuk mempermudah pemahaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berbentuk aplikasi naḥwu dengan pendekatan struktural fungsional, dan 2) Menguji efektivitas aplikasi tersebut dalam meningkatkan kemampuan naḥwu santri kelas Jurumiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model ADDIE. Sumber data penelitian ini adalah 11 santri di Madrasah Diniyah Pesantren Fathul Huda Prambanan. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kelayakan media pembelajaran aplikasi naḥwu dinilai melalui masukan dari ahli materi dan ahli media. Data numerik kemudian dianalisis menggunakan uji Sample Paired T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan Media: Media pembelajaran aplikasi naḥwu ini dikembangkan menggunakan model ADDIE, menghasilkan produk bernama “Kalāmunā”. Aplikasi ini dirancang dengan pendekatan struktural fungsional dan menggunakan metode induktif dalam penyampaian materi. Pengembangannya memanfaatkan perangkat lunak Smart Apps Creator dan dapat diakses melalui ponsel maupun laptop. Materi yang disediakan dalam aplikasi tersedia dalam dua bahasa, yaitu Arab dan Indonesia. 2) Efektivitas Aplikasi: Aplikasi Kalāmunā terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan naḥwu santri. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Sample Paired T-Test sebesar 0,000 dan nilai rata-rata uji N-Gain Score sebesar 0,7820 atau 78%, yang masuk dalam kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Setiyawan S.Pd.I., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Naḥwu, Kalāmunā, Kemampuan Naḥwu |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:52 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:52 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69879 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |