Nurul Muthaharaini Maspeke, NIM.: 22204022010 (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA MAN 3 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA MAN 3 BANTUL)
22204022010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA MAN 3 BANTUL)
22204022010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab MAN 3 Bantul yang selama ini hanya menggunakan power point (PPT) dan buku ajar sehingga menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran serta siswa sulit dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Bantul serta meningkatkan kemampuan siswa pada materi Qowā’id dan maharan Istima’. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Bantul. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Adpaun data-data berupa angka yang dianalisis menggunakan uji independent Sample T-Test dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa video pembelajaran bahasa Arab yang memuat materi kelas X semester ganjil dengan tema aqsamul kalimat, ḍamir dan mufrod, muṡanna dan jama’. 2) Hasil analisis multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata kesleuruhan aspek yang dinilai dari ahli materi sebesar 87%, sedangkan ahli media sebesar 82% dan keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji T-test data Post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,01 dengan begitu
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Kontekstual |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:57 |
| Last Modified: | 07 Feb 2025 08:57 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69881 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
