HUBUNGAN CITRA GURU DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPATUHAN SISWA/I DI PESANTREN SE-KECAMATAN KRAKSAAN

Ahmad Syauqi ‘Alaikar Rohman, NIM.: 22200011109 (2024) HUBUNGAN CITRA GURU DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPATUHAN SISWA/I DI PESANTREN SE-KECAMATAN KRAKSAAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN CITRA GURU DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPATUHAN SISWA/I DI PESANTREN SE-KECAMATAN KRAKSAAN)
22200011109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN CITRA GURU DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPATUHAN SISWA/I DI PESANTREN SE-KECAMATAN KRAKSAAN)
22200011109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang memiliki keterikatan dengan kepatuhan siswa adalah citra seorang guru dan interaksi sosial antar sesama teman. Citra dari seorang guru dapat memberikan kesan dalam benak siswa bahwa figur seorang guru memang layak untuk dipatuhi, dan interaksi sosial antar teman dapat mengarahkan pada perilaku patuh siswa pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan hubungan antara citra guru dan interaksi sosial dengan kepatuhan siswa. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan responden sebanyak 557 siswa dalam rentang usia 15-17 tahun. Pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pada tujuh pesantren. Instrumen yang dipakai adalah skala kepatuhan, skala citra guru dan skala interaksi sosial. Data diambil melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk Google Form dan printout. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan IMB SPSS 25. Hasil penelitian menggambarkan bahwa adanya hubungan yang positif antara citra guru dan interaksi sosial dengan kepatuhan siswa. Variabel citra guru dan interaksi sosial menyumbangkan korelasi secara bersama sebesar 28,8% pada variabel kepatuhan siswa. Secara parsial, citra guru terbukti berpengaruh terhadap kepatuhan siswa sebesar 24% dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kepatuhan siswa sebesar 13,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa citra guru lebih dominan memberikan pengaruh terhadap kepatuhan siswa dibandingkan dengan interaksi sosial dengan selisih 10,2%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Citra Guru, Interkasi Sosial, Kepatuhan Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Feb 2025 14:11
Last Modified: 07 Feb 2025 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum