Fitri Tambe, NIM.: 21104040001 (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA LEMBATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA LEMBATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV))
21104040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA LEMBATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV))
21104040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dalam budaya Lembata terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis, serta angket respon peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME berbasis etnomatematika lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komuikasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor N-Gain yang lebih tinggi pada kelas eksperimen serta nilai signifikansi uji-t yang < 0.05. Selain itu, peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang memadukan konteks budaya lokal dalam proses belajar matematika. Dengan demikian penerapan pendekatan RME berbasis etnomatematika dalam budaya Lembata dapat menjadi strategi yang efektif dan bermakna dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik serat menguatkan nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Burhanuddin Latif, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | etnomatematika; Budaya Lembata; komunikasi matematis, PLSV |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:44 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 14:21 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69988 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
