PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Ahmad Aulia Firdaus, NIM.: 18107010059 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN)
18107010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN)
18107010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter religius adalah proses transformasi nilai-nilai agama untuk ditumbuhkembangkan dalam diri siswa agar menjadi pribadi yang religius. Karakter religius merupakan karakter yang harus ditanamkan sejak dini baik dilingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Moyudan serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini melibatkan 3 Guru PAI sebagai informan utama dan 3 siswa sebagai informan tambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI telah melakukan perannya sebagai Pendidik dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter religius pada siswa, dimana guru PAI dapat membimbing siswa dengan memberikan arahan dan pemahaman terkait nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran dan kegiatan keagamaan, serta mampu menjadi teladan bagi siswa dengan mengamalkan nilai karakter religius secara langsung yang bertujuan agar siswa dapat mencontoh. Guru PAI juga memberikan motivasi pada siswa berupa nasihat-nasihat dan masukan yang baik. Serta melakukan evaluasi bersama terhadap ketercapaian pembentukan karakter religius siswa. Faktor pendukung Guru PAI dalam mengimplementasikan karakter religius yaitu adanya dukungan dari seluruh warga sekolah, kontribusi orang tua ketika dirumah, adanya program sekolah yang menunjang karakter religius, terakhir yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa, pergaulan siswa yang kurang baik, dan terakhir adalah adanya perbedaan prinsip antara guru dengan dinas terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: teacher's role; character education; religious character
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Feb 2025 09:48
Last Modified: 11 Feb 2025 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum