Ali Fatkhur Rochman, NIM.: 18103060075 (2025) POLEMIK PERAPATAN BARISAN DALAMPRAKTIK SALAT (STUDI PERBANDINGAN MAZHAB-MAZHAB FIKIH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (POLEMIK PERAPATAN BARISAN DALAMPRAKTIK SALAT (STUDI PERBANDINGAN MAZHAB-MAZHAB FIKIH))
18103060075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (POLEMIK PERAPATAN BARISAN DALAMPRAKTIK SALAT (STUDI PERBANDINGAN MAZHAB-MAZHAB FIKIH))
18103060075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menganalisis wacana tentang perapatan barisan dalam salat berjamaah berdasarkan kerangka analisis wacana kritis Norman Fairclough. Fokus utama kajian ini adalah untuk memahami bagaimana dimensi teks, praktik diskursif, dan praktik sosial saling berhubungan dalam membentuk, mereproduksi, dan memengaruhi pandangan mazhab-mazhab Islam terhadap praktik perapatan barisan. Problem akademik yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pandangan teologis masing-masing mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali) mencerminkan relasi antara ajaran agama dan kebutuhan sosial. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji apakah wacana ini memiliki potensi menjadi alat hegemonik yang mengabaikan keragaman konteks sosial umat Islam di berbagai wilayah. Kerangka teori yang digunakan adalah pendekatan analisis wacana kritis (AWK) Norman Fairclough, yang mencakup tiga level analisis: analisis teks, praktik diskursif, dan praktik sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis dokumen sebagai sumber data utama. Penelitian ini memanfaatkan sumber sekunder seperti kitab-kitab fikih, hadis, dan literatur akademik tentang pandangan mazhab terhadap salat berjamaah. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi elemen-elemen bahasa, interaksi diskursif, dan konteks sosial yang muncul dalam teks-teks tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana tentang perapatan barisan dalam salat berjamaah mencerminkan hubungan yang kompleks antara dimensidimensi yang dianalisis. Pada level teks, ditemukan bahwa setiap mazhab menggunakan terminologi yang menguatkan pandangannya, seperti meluruskan saf sebagai kesempurnaan salat (Hanafi) atau rapatnya barisan untuk mencegah setan (Hanbali). Bahasa yang digunakan tidak hanya menunjukkan pandangan normatif tetapi juga menghubungkan ritual dengan nilai-nilai sosial seperti persatuan dan kedisiplinan. Pada level praktik diskursif, wacana ini mereproduksi nilai-nilai teologis melalui metodologi mazhab. Misalnya, Mazhab Hanafi yang cenderung fleksibel mencerminkan masyarakat urban yang beragam, sementara Mazhab Hanbali yang lebih ketat menunjukkan pengaruh budaya kolektif yang menekankan otoritas imam. Namun, penelitian ini juga menemukan kecenderungan hierarki dalam wacana tersebut, terutama dalam peran imam sebagai pengatur barisan yang menunjukkan pola hubungan top-down.Pada level praktik sosial, wacana ini memiliki tujuan menciptakan solidaritas umat Islam melalui simbolisme fisik dalam salat berjamaah. Namun, terdapat risiko bahwa wacana ini menjadi alat hegemonik yang mengabaikan kondisi sosial, budaya, dan geografis umat Islam. Misalnya, praktik perapatan barisan yang ideal tidak selalu relevan dalam situasi modern seperti pandemi COVID-19, yang membutuhkan jarak fisik dalam ibadah berjamaah. Selain itu, perbedaan pandangan antarmazhab menunjukkan bahwa praktik ibadah tidak dapat dilepaskan dari konteks sosial-historis tempat mazhab tersebut berkembang.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Hijrian Angga Prihantoro, L.L.M. |
| Uncontrolled Keywords: | Perapatan Barisan, Praktik Salat, Mazhab Fikih, Analisis Wacana Kritis |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.413 Perbandingan Mazhab |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 11 Feb 2025 11:07 |
| Last Modified: | 11 Feb 2025 11:07 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69996 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
