STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN

Sisiya Siwi Satwika, NIM.: 20104010013 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN)
20104010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN)
20104010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pada siswa tunagrahita di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman dan latar belakang peneliTIan ini adalah untuk menunjukkan bahwa karakter tidak hanya ditujukan kepada anak-anak non disabilitas saja, tetapi juga kepada anak-anak yang memiliki disabilitas baik fisik maupun mental, sebab mereka juga akan menghadapi kehidupan yang global dengan segala macam tantangan dan perkembangannya. PeneliTIan ini merupakan peneliTIan kualitaTIf dengan menggunakan pendekatan deskripTIf. Subyek dalam peneliTIan ini adalah Kepala Sekolah SLB BhakTI PerTIwi, Guru PAI SLB BhakTI PerTIwi dan Siswa SLB BhakTI PerTIwi. Adapun pengumpulan data pada peneliTIan kali ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil peneliTIan menunjukkan bahwa 1. karakterisTIk siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman pada dasarnya sama seperTI siswa tunagrahita pada umumnya, sulit mengontrol emosi dan sulit menerima informasi baik verbal maupun non-verbal. 2. Strategi yang digunakan guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman yakni strategi pemahaman, pembiasaan, keteladanan dan moTIvasi. 3. Faktor pendukung pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi diantaranya kerjasama warga sekolah, peran orangtua, sarana dan prasarana, serta kegiatan keagamaan. faktor penghambat pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi diantaranya faktor keterbatasan siswa serta kurangnya peran orangtua dan juga lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Karakter Religius, Siswa Tunagrahita.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Feb 2025 09:47
Last Modified: 18 Feb 2025 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum