DIRASAH MUQARANAH FI AL MAWAD AL NAHWIYYAH BAIN KITAB SILSILAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH AL NAHW WA AL SARAF WA KITAB MUKHTASAR JIDDAN

Hilyah ‘Afifah, NIM.: 20104020019 (2024) DIRASAH MUQARANAH FI AL MAWAD AL NAHWIYYAH BAIN KITAB SILSILAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH AL NAHW WA AL SARAF WA KITAB MUKHTASAR JIDDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIRASAH MUQARANAH FI AL MAWAD AL NAHWIYYAH BAIN KITAB SILSILAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH AL NAHW WA AL SARAF WA KITAB MUKHTASAR JIDDAN)
20104020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DIRASAH MUQARANAH FI AL MAWAD AL NAHWIYYAH BAIN KITAB SILSILAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH AL NAHW WA AL SARAF WA KITAB MUKHTASAR JIDDAN)
20104020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Nahwu merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Pemahaman yang baik terhadap Ilmu Nahwu juga akan berpengaruh pada ketrampilan berbahasa seseorang. Untuk mencapai pemahaman yang baik, diperlukan pula media belajar yang baik sebagai pengantarnya. Buku teks berfungsi sebagai pedoman dasar untuk belajar. Buku teks yang baik akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan¸Oleh karenanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun buku teks yang berkualitas menurut William Frances Mackey yakni seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi nahwu dalam kitab Silsilah Ta’li@m Al-Lughah Al-‘Arabiyyah dan kitab Mukhtas}ar Jidda@n kemudian menemukan persamaan dan perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan diantara keduanya. Kedua kitab tersebut digunakan dalam pembelajaran nahwu di Madrasah Darul Quran Wal Irsyad. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research. Adapun sumber data utama yang digunakan adalah kitab Silsilah Ta’li@m Al-Lughah Al-‘Arabiyyah dan kitab Mukhtas}ar Jidda@n, sedangkan sumber data pendukung diambil dari buku-buku, artikel, dan literatur yang berkaitan dengen penelitian ini. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode induktif dan dengan mengacu pada teori William Frances Mackey. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa table untuk mencatat perbandingan yang ditemukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar kedua kitab ini memiliki perbedaan pada segi pemilihan materi, jenis gradasi yang digunakan, konsep penyajian materi, dan repetisi. Kitab Mukhtas}ar Jidda@n lebih unggul pada segi seleksi materi. Sedangkan dari segi gradasi, presentasi, dan repetisi materi kitab Silsilah Ta’li@m Al-Lughah Al-‘Arabiyyah lebih unggul. Kata kunci : studi komparasi, materi nahwu, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Materi Nahwu, Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Feb 2025 09:58
Last Modified: 18 Feb 2025 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum