Noor Fadzilah, NIM.: 19104070016 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BIOLOGY NEWS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BIOLOGY NEWS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 KASIHAN BANTUL)
19104070016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BIOLOGY NEWS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 KASIHAN BANTUL)
19104070016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul, 2) mengetahui kualitas produk video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul, 3) mengetahui respon peserta didik kelas X.8 SMAN 1 Kasihan Bantul terhadap kualitas video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembanan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi pada tahap implementation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar angket. Produk media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer dan 1 guru biologi. Uji coba terbatas untuk mengetahui respon peserta didik dilakukan pada 28 peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif kualitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dari para ahli dengan persentase ideal 91.1%. Respon peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase ideal 88.1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; TikTok; contextual teaching; learning; virus |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Digital 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 14 Feb 2025 09:24 |
| Last Modified: | 14 Feb 2025 09:24 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70102 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
