PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Aprilia Fitri Komalasari, NIM.: 21104060007 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
21104060007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
21104060007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya tingkat literasi sains peserta didik di Indonesia, hal itu disebabkan belum banyak soal yang memiliki karateristik literasi sains dan juga masih banyak soal yang hanya menekankan aspek pengetahuan dan matematis saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis piktorial untuk mengukur literasi sains pada materi asam dan basa, dikarenakan penilaian terhadap literasi sains sangat penting untuk mengetahui sejauh mana -tingkat literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah model Tessmer. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi digunakan untuk mengetahui pendapat, penilaian, kritik, saran, komentar, dan koreksi dari validator terkait produk yang sedang dikembangkan dan soal literasi sains merupakan produk dari penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 5 validator ahli evaluasi dan 36 peserta didik SMA/MA. Hasil penelitian didapatkan uji validitas menggunakan Content Validity Rasio (CVR) dan Content Validity Indeks (CVI) didapatkan CVR dengan rata-rata 0,92 dan CVI 0,91, pada uji reliabilitas menggunakan model rasch didapatkan nilai person reliability 0,81 dan nilai item reliability 0,86. Kesimpulan dari penelitian ini produk soal literasi sains berbasis piktorial yang layak untuk mengukur tingkat literasi peserta didik. Kata kunci: literasi sains, PISA, soal, asam-basa, teks piktorial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: literasi sains, PISA, soal, asam-basa, teks piktorial
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Feb 2025 15:13
Last Modified: 18 Feb 2025 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum