Effendi Yusuf, NIM.: 03410048 (2006) KONSEP PENDIDIKAN RELIGIUSITAS DALAM BUKU PENDIDIKAN RELIGIUSITAS, AGAMA MEMBAWA PEMBARUAN DALAM MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KONSEP PENDIDIKAN RELIGIUSITAS DALAM BUKU J>ENDIDIKAN RELIGIUSITAS, AGAMA MEMBAWA·PEMBARUAN DALAM MASYARAKAT)
03410048_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (KONSEP PENDIDIKAN RELIGIUSITAS DALAM BUKU J>ENDIDIKAN RELIGIUSITAS, AGAMA MEMBAWA·PEMBARUAN DALAM MASYARAKAT)
03410048_BAB II_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengamati dan menganalisis secara kritis tentang pendidikan agama yang terdapat dalam buku "Pendidikan Religiusitas Agama Membawa Pembaruan dalam Masyarakat", yang kemudian oleh penulis buku tersebut dianalisis dengan pisau analisa dari buku-buku primer yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan pemahaman terhadap dokumen-dokumen yang ada, yang tentunya relevan dengan pokok permasalahan, antar lain: Buku sekunder dan primer, jurnal, surat kabar, peraturan atau perundang-undangan, majalah dan lain-lain. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang ada, kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas , dibandingkan antara data yang satu dengan data yang lainnya, kemudian diinterpretasikan dan akhimya diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Materi pendidikan yang terdapat dalam buku "Pendidikan Religiusitas, Agama Membawa Pembaruan Dalam Masyarakat", secara garis besar memuat tentang tiga aspek yang merupakan prinsip-prinsip dasar dari pendidikan religiusitas yaitu: Pluralisme, memahami substansi keberagamaan dan humanisme. 2) Pendidikan agama Islam saat ini masih terjebak dalam pemahaman tekstual dan konseptual yang hanya mengajarkan materi-materi normatif, seperti dosa-pahala, surga-neraka, kafirmuslim, belum sampai pada tahapan kontekstual dan aplikasi. 3) Jika materi pelajaran dalam buku panduan Pendidikan agama Islam dibandingkan dengan materi pelajaran dalam buku "Pendidikan Religiusitas, Agama membawa Pembaruan Dalam Masyarakat" yang juga buku panduan belajar di sekolah Kristen, maka bisa dikatakan pendidikan Islam masih tertinggal jauh. 4) Agama adalah sebuah aturan hidup yang mengajarkan tentang hubungan dimensi vertikal dan horizontal. Dimensi vertikal artinya manusia dengan Sang Pencipta, yang di dalamnya terda.pat aspek-aspek ritual peribadatan, seperti, sholat, puasa, dan lainlain. Dimensi horizontal adalah dimensi dimana agama mengajarkan pola relasi manusia dengan lingkungan sekitarnya. Pada dimensi agama mengajarkan, hormat-menghormati, tolong menolong, pemberantasan terhadap kemiskinan, mengangkat harkat martabat manusia, mengangkat harkat martabat kaum perempuan, demokrasi, toleransi dan lain-lain. Begitu juga dalam sebuah pendidikan, kurikulum pendidikan agama Islam hm us mencakup seluruh ajaran dalam agama, seperti yang disebutkan di atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Drs. Mahmud Arif, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | keberagamaan; humanisme; pluralisme |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:53 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:53 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70168 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |