PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

Fadhila Uzlifati Matsna, NIM.: 21104060023 (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X)
21104060023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X)
21104060023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya motivasi peserta didik dalam mempelajari materi ikatan kimia yang bersifat abstrak menjadi kendala dalam pemahaman konsep peserta didik dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) materi ikatan kimia bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikaitkan dengan fenomena sehari-hari dan interaktif. E-LKPD ini dikembangkan melalui tahapan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik, baik dari segi materi maupun media. Persentase keidealan e-LKPD berdasarkan ahli materi sebesar 95.56%, ahli media sebesar 95%, dan reviewer sebesar 93.81% Peserta didik juga memberikan respons positif terhadap e-LKPD dengan persentase sebesar 92.5%. Dengan demikian, e-LKPD ini berpotensi menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan, terutama dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dan strategi penyampaian materi yang inovatif. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Keywords: E-LKPD, Ikatan Kimia, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Ikatan Kimia, Contextual Teaching and Learning
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 19 Feb 2025 09:54
Last Modified: 19 Feb 2025 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum