Dini Wahdati, NIM.: 21104080007 (2024) HUBUNGAN ANTARA MATH ANXIETY DAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN ANTARA MATH ANXIETY DAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
21104080007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (HUBUNGAN ANTARA MATH ANXIETY DAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
21104080007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang dipengaruhi oleh faktor seperti math anxiety dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua faktor tersebut dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yaitu kelas V A dan V B sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov dengan hasil 0,034 pada variabel math anxiety dan 0,200 pada variabel self efficacy. uji linearitas dengan ketentuan jika p-value > 0,05 maka data bersifat linear didapatkan hasil 0,762. Karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan linear maka selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi dan uji korelasi berganda yang diolah menggunakan bantuan program SPSS 27 for windows. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Terdapat hubungan negatif antara math anxiety dengan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar -0,424 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Maka kekuatan hubungan masuk ke dalam kategori lemah. Untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,132 yang artinya math anxiety memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika di MIN 1 Yogyakarta sebesar 13,2%. Sedangkan 86,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) Terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,412 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Maka kekuatan hubungan masuk ke dalam kategori lemah. Untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,006 yang artinya self efficacy memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika di MIN 1 Yogyakarta sebesar 0,6%. Sedangkan 99,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (3) Terdapat hubungan antara math anxiety dan self efficacy secara bersamaan dengan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,450 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Maka kekuatan hubungan masuk ke dalam kategori sedang. Untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,173 yang artinya math anxiety dan self efficacy secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika di MIN 1 Yogyakarta sebesar 17,3%. Sedangkan 82,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Hasil belajar kognitif, Math Anxiety, Pembelajaran Matematika, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Luluk Mauluah, M.Si, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif, Math Anxiety, Pembelajaran Matematika, Self Efficacy |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 10:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 10:44 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70191 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |