PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA FRACTION GAME DI KELAS V SD NEGERI 1 DONOTIRTO

Laila Dewi Cahyaningrum, NIM.: 21104080041 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA FRACTION GAME DI KELAS V SD NEGERI 1 DONOTIRTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA FRACTION GAME DI KELAS V SD NEGERI 1 DONOTIRTO)
21104080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA FRACTION GAME DI KELAS V SD NEGERI 1 DONOTIRTO)
21104080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan model kooperatif tipe STAD berbantu media fraction game dalam meningkatkan kemampuan berhitung materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Donotirto dan (2) bagaimana hasil tes kemampuan berhitung materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Donotirto setelah menerapkan model kooperatif tipe STAD berbantu media fraction game. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi keterlaksanaan model kooperatif tipe STAD berbantu media fraction game dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, hasil wawancara dengan guru dan siswa, hasil tes kemampuan berhitung yang diambil dari pemberian pre-test dan post-test pada akhir siklus, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keterlaksanaan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika ditandai dengan aktivitas siswa dan guru mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan (2) adanya peningkatan skor rata-rata tes kemampuan berhitung materi pecahan pada siswa ditandai dengan ketuntasan kelas sebesar 80% dengan kategori tinggi. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media fraction game dilaksanakan dengan enam tahapan yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, evaluasi, dan memberikan penghargaan. Keterlaksanaan model kooperatif tipe STAD berbantu media fraction game pada siklus II terlaksana lebih baik dari aspek siswa maupun guru. Hasil observasi menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa pada keterlaksanaan STAD berbantu media fraction game mengalami peningkatan yaitu dari 86,9% pada siklus I menjadi 95,9% pada siklus II. Sedangkan rata-rata persentase aktivitas guru pada keterlaksanaan STAD berbantu media fraction game juga meningkat dari 87,5% pada siklus I menjadi 96,5% pada siklus II. Selain itu, rata-rata tes kemampuan berhitung siswa pada materi pecahan meningkat yaitu 45,89 pada pra siklus menjadi 89,62 pada siklus I dan 96,43 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 0% pada pra siklus menjadi 95,2% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang signifikan sebesar 43,73 atau 95,2% pada siklus I dan 6,81 atau 4,8% pada siklus II. Kata Kunci: Fraction Game, Kemampuan Berhitung Pecahan, Pembelajaran Kooperatif, STAD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Fraction Game, Kemampuan Berhitung Pecahan, Pembelajaran Kooperatif, STAD
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 19 Feb 2025 10:51
Last Modified: 19 Feb 2025 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum