Dava Muhammad Alif Zuhri, NIM.: 19104020013 (2025) METODE PENANAMAN KARAKTER MELALUI QUOTES BERBAHASA ARAB (MAHFUZAT) PADA SANTRI KELAS VIII PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QURAN SAHABATQU TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (METODE PENANAMAN KARAKTER MELALUI QUOTES BERBAHASA ARAB (MAHFUZAT) PADA SANTRI KELAS VIII PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QURAN SAHABATQU TAHUN AKADEMIK 2023/2024)
19104020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (METODE PENANAMAN KARAKTER MELALUI QUOTES BERBAHASA ARAB (MAHFUZAT) PADA SANTRI KELAS VIII PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QURAN SAHABATQU TAHUN AKADEMIK 2023/2024)
19104020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penanaman karakter santri Pondok Pesantren Tahfizul Quran SahabatQu melalui quotes berbahasa Arab, mengetahui hasil dari penanaman quotes berbahasa Arab terhadap peningkatan karakter santri, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter santri melalui quotes berbahasa arab di Pondok Pesantren Tahfizul Quran SahabatQu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah pengampu ḥalaqah, santri kelas 8, direktur pesantren, pimpinan pesantren, dan penanggungjawab program. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yang berupa: pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa metode Maḥfūẓāt di Pesantren SahabatQu berupa pemilihan kutipan Maḥfūẓāt yang relevan, penjelasan yang mendalam oleh pengampu ḥalaqah, serta penguatan melalui evaluasi berkala dan refleksi diri. memberikan pengaruh positif pada pembentukan karakter santri. Nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kesabaran, kerja keras, keadilan, kepedulian dan empati, kemandirian, integritas, dan kesopanan. Faktor pendukung utama keberhasilan metode ini meliputi peran aktif pengampu ḥalaqah, motivasi santri, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Namun, terdapat kendala dalam penerapannya seperti keterbatasan dalam pemahaman Bahasa Arab dan sumber daya manusia yang memengaruhi optimalisasi proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Penanaman Karakter, Mahfuzat, Santri, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 11:17 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 11:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70199 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |