PARADIGMA PEMBELAJARAN FISIKA (Studi atas Karya Yohannes Surya Ph. D "Fisika itu Asyik")

Nur Sholeh, NIM.: 99454514 (2005) PARADIGMA PEMBELAJARAN FISIKA (Studi atas Karya Yohannes Surya Ph. D "Fisika itu Asyik"). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARADIGMA PEMBELAJARAN FISIKA (Studi atas Karya Yohannes Surya Ph. D "Fisika itu Asyik"))
99454514_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PARADIGMA PEMBELAJARAN FISIKA (Studi atas Karya Yohannes Surya Ph. D "Fisika itu Asyik"))
99454514_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kebanyakan mind set siswa dan bahkan guru mengklaim bahwa Fisika adalah mata pelajaran yang sangat sukar dan bahkan merupakan suatu momok yang menakutkan. Pembelajaran adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pelaksanaan program pendidikan sehingga metode dan strategi dalam proses belajar dan mengajar perlu dicermati bersama. Selama ini pemhelajaran Fisika di sebagian besar sekolah lebih banyak penyajian teori. Akibatnya timbul persoalan krusial mengenai rumusan yang tepat, efektif dan sistematis tentang strategi dan metode pembelajaran fisika agar pelajaran fisika menjadi menarik. Jenis penelitian yang dikemukakan adalah penelitian pustaka (Library Research) yang menjelaskan secara deskriptif-eksploratif. Penelitian ini mengemukakan tentang sebuah konsep pembelajaran fisika. Pada penelitian ini mencoba mengeksplorasi metode penyajian Fisika Itu Asyik karya Yohanes Surya Ph.D sebagai strategi pembelajaran fisika. Hasil eksplorasi dari metode penyajian Fisika itu Asyik dijelaskan atau didudukkan kembali dengan sebuah grand concept yaitu Quantum Teaching. Quantum Teaching menawarkan upaya bagaimana mengubah suasana yang monoton dan membosankan menjadi suasana belajar yang meriah dan gembira dengan prinsip-prinsip sistem perancangan pengajaran yang efektif, efesien dan progresif berikut metode penyajiannya. Karya Fisika Itu Asyik yang di kemukakan oleh Yohanes Surya Ph.D merupakan pencerahan wacana alternatif dalam pembelajaran Fisika. Model yang ditampilkan adalah dengan menyajikan visualisasi konsep Fisika yang simpel dalam bentuk gambar yang memberikan peluang siswa dapat melakukan percobaan sederhana bidang Fisika sendiri dalam bentuk permainan dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga oleh siswa konsep Fisika dapat dipahami dan dapat dipraktekkan dengan tanpa alat yang mahal serta tak terbatas oleh ruang kelas. Pada akhirnya Fisika Itu Asyik sejalan dengan kerangka pembelajaran yang ditawarkan oleh Quantum Teaching sebagai metode dan strategi pembelajaran. Metode dan strategi pembelajaran yang ditawarkan adalah adanya integralitas pengkondisian lingkungan fisik, pengkondisian lingkungan psikis, komunikasi dan sugesti. Tawaran ini harapannya bisa menjadi paradigma baru sebagai pencerahan alternatif dalam pembelajaran Fisika yang dapat diterapkan pada peserta didik yaitu "belajar Fisika sambil bermain dan bermain dengan Fisika". Hasilnya adalah siswa belajar fisika akan terasa asyik clan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; kecerdasan linguistik
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2025 13:24
Last Modified: 20 Feb 2025 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum