PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR

Arina Zulfiah Hariri, NIM.: 99454539 (2004) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR)
99454539_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR)
99454539_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan rnetode diskusi dan pernecahan numerik terhadap penguasaan konsep kalor atas siswa kelas II di MTs Ali Maksurn Krapyak Y ogyakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang duduk di kelas II MTs Ali Maksurn Krapyak pada tahun ajaran 2003/2004 dengan sampel 59 siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tiga instrumen yaitu instrumen angket untuk penerapan rnetode diskusi, sebanyak 30 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,893. lnstrumen tes untuk soal pemecahan kesulitan numerik sebanyak 30 butir soal valid dengan reliabilitas 0,907 dan instrumen soal tes untuk prestasi belajar sebanyak 33 butir soal valid dengan reliabilitas 0,889. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan rnetode diskusi terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi 0,585 dan persamaan regresi diperoleh Y= 0,271X 1 + 0,828. (2) Ada pengamh pemecahan kesulitan numerik terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi sebesar 0,654 dan persaman regresi diperoleh Y= 0,649X 2 +2,918. (3) Ada pengaruh penerapan rnetode diskusi dan pemecahan kesuhtan numerik terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi 0,718 dan persamaan regresi Y = 0,158X 1 + 0,477X2 - 2,271. (4) Besamya kontribusi/sumbangan relatif dari variable X 1 = 38,911 % dan X 2 = 61,089%, sedangkan sumbangan efektif dari variable X1 = 20,034% dan X 2 =31,452%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: konsep kalor; linieritas Regresi; Chi-kuadrat
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2025 14:09
Last Modified: 20 Feb 2025 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum