MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH)

Miss Nawal Keda, NIM.: 01470726 (2005) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH))
01470726_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH))
01470726_Bab II_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan Islam pada Sekolah Pattana Islam Vittaya Mulnithi di Yala Thailand Selatan (Tingkatan Ibtidaiyah) yang meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pendidikan islam pada sekolah Pattana Islam Vittaya Mulnithi di Yala Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi naturalistik. Subyek penelitian ditentukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pada manajemen pendidikan islam di Yala Thailand Selatan sebagian telah dilakukan dan sebagian belum dilakukan. Perencanaan yang telah dilakukan adalah perumusan tujuan manajemen pendidikan. Adapun perencanaan yang belum dilakukan adalah perumusan silabi dan pembuatan satuan pembelajaran. Pengorganisasian belum dilakuakan dengan optimal, karena masih ada sebagian guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dalam pelaksanaan, guru dan siswa memiliki kedisiplinan waktu yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya, namun kegiatan mengajar dikelas belum dilakukan .secara optimal. Pengawasan sudah dilakukan oleh kepala sekolah namun juga belum terfokus dan belum optimal. Faktor pendukung meliputi kedisiplinan tenaga didik dan siswa yang cukup tinggi, guru mengajar dengan ikhlas, dan ruang belajar yang memadai, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran guru dalam memanfaatkan sarana atau media pendidikan serta masih dominannya penggunaan metode konvensional (ceramah), kurangnya sarana pendidikan, padatnya waktu belajar sebagian siswa, dan kurangnya biaya dalam menjalankan manajemen pendidikan islam. Kata kunci: Metode Diskusi, Kesulitan Numerik, Penguasaan Konsep Kalor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan; kepala sekolah; belajar mengajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2025 15:04
Last Modified: 20 Feb 2025 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum