IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK HAHASAN DINAMIKA PARTIKEL SlSWA KELAS X SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Anis Uswatun Khasanah, NIM.: 01460901 (2006) IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK HAHASAN DINAMIKA PARTIKEL SlSWA KELAS X SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK HAHASAN DINAMIKA PARTIKEL SlSWA KELAS X SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA)
01460901_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK HAHASAN DINAMIKA PARTIKEL SlSWA KELAS X SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA)
01460901_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan langkah-langkah yang efektif melalui authentic assessment sebagai usaha untuk optimalisasi pembelajaran Fisika kelas X SMAN 9 Yogyakarta. Penelitian ini rnernpakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Yogyakarta. Rencana tindakan pada penelitian ini rneliputi tiga siklus. Instmmen penelitian yang digunakan selama pengambilan data adalah angket rninat siswa terhadap pelajaran Fisika, lembar observasi tentang keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran dan soal tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskiptif kualitatif yang dinyatakan dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pembelajaran Fisika melalui metode authentic assesssment dapat dilakukan dengan cara memberikan tindakan peiformance assessment dan portofolio yang dapat rnelibatkan siswa secara aktif Penggunaan metode Authentic assessment memberikan pengaruh positif terhadap optimalisasi pembelajaran Fisika dengan peningkatan minat siswa pada pelajaran Fisika diikuti dengan peningkatan aktifitas siswa selama proses pembelajaran dan juga peningkatan hasil rata-rata tes akhir. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keberhasilan produk dan keberhasilan proses dalam pembelajaran disetiap siklusnya. Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa tindakan yang terbaik untuk mengoptimalkan pembelajaran Fisika terdapat pada siklus III yaitu dengan penerapan gabungan (peiformance assessment danporto_folio).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: minat siswa; LKS; aspek kognitif
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2025 11:02
Last Modified: 21 Feb 2025 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum