PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISW A KELAS III SMPN 2 PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Septi Rahmawati, NIM.: 01430846 (2005) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISW A KELAS III SMPN 2 PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISW A KELAS III SMPN 2 PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
01430846_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISW A KELAS III SMPN 2 PAKEM SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
01430846_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa latar belakang diterapkannya pendekatan kontekstual, bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dan bagaimana hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SMPN 2 Pakem. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan pendek:atan kontekstual dalam pembelajaran matematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilak:ukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil setting SMPN 2 Pakem Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observation), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode perbandingart tetap yang prosesnya mencakup reduksi, kategorisasi, sintesisasi dan diakhiri dengan menyusun hipotesis kerja. Teknik pemerik:saan keabsahan data dilakuk:an berdasarkan kriteria derajat kepercayaan (kredibilitas) dengan menggunak:an teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) latar belakang diterapk:annya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika adalah menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika yang pada gilirannya diharapkan mampu mengembangkan daya nalamya sehingga mampu berpik:ir kritis, logis, sistematis dan pada ak:himya siswa diharapkan mampu bersikap obyektif, jujur dan disiplin. (2) proses penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual adalah dengan multi model pembelajaran matematika yang merupakan gabungan dari model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran langsung. Guru melakukan variasi dan inovasi dalam menerapkan ketujuh komponen CTL (Contextual Teaching and Learning) yang meliputi: konstruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), reflek:si (reflection) dan penilaian yang sebenamya ( authentic assessment) sesuai dengan materi pembelajaran. (3) hasil penelitian memmjuk:k:an perubahan sikap yang positif terhadap matematika, hal itu merupakan permulaan yang baik dalam pengembangan pendidikan matematika di Indonesia. Guru dan siswa menyukai materi pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual, yaitu menu.rut mereka materi tersebut sangat berbeda dengan buku yang dipakai sebelumnya baik dari segi isi maupun pendekatannya. Suasana pembelajaran di kelas lebih demokratis sehingga siswa tidak merasa takut untuk secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar. Suasana demokratis yang dimak:sud di sini siswa merasa bebas untuk aktif dalam proses belajar tanpa merasa takut membuat kesalahan jik:a mereka ingin bertanya atau menjawab pertanyaan. Siswa mampu membangun pemahaman mereka sendiri tentang konsep matematika yang dipelajari dengan menggunakan strategi penemuan kembali, dan mendapatkan hasil (menyelesaikan soal) baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual; pembelajaran matematikal; tugas guru
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2025 14:55
Last Modified: 24 Feb 2025 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum