Aliya Sabrina, NIM.: 20104010024 (2025) KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENDUKUNG PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 KARAWANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENDUKUNG PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 KARAWANG TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENDUKUNG PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 KARAWANG TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat tantangan yaitu peserta didik yang kurang perhatian ketika diberikan materi oleh guru, selain kurangnya perhatian adalah waktu yang terbatas waktu yang terbatas dalam satu sesi pembelajaran dapat menjadi penghambat, terutama ketika guru harus menyampaikan banyak materi atau menghadapi kelas yang besar. Guna mengatasi masalah ini, guru dan peserta didik harus saling menyampaikan materi dengan baik. Dengan cara, guru harus berkomunikasi efektif dan peserta didik menyimak guru ketika menyampaikan materi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMA Negeri 4 Karawang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru membangun komunikasi efektif dengan peserta didik dengan komunikasi verbal, dengan pujian verbal, penggunaan intonasi yang variatif, kejelasan instruksi dan humor dalam pembelajaran. Selain verbal ada juga non-verbal yaitu penampilan dan postur tubuh, gesture dan pergerakan, kontak mata, ekspresi wajah, dan dukungan emosional. (2) Guru agar peserta didik terlibat dalam pembelajaran yaitu dengan, memberikan stimulus dengan memberikan pertanyaan yang relevan, membuka ruang diskusi dan presentasi, memaparkan poin-poin penting dalam materi agar lebih fokus terhadap pembahasan misal nya ketika peserta didik presentasi agar fokus pada apa yang di presentasikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Mujahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Efektif, Pemahaman, Peserta Didik |
Subjects: | Komunikasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 13:56 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 13:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70419 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |