IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN PEMBATALAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN NGAWI TAHUN 2024

Iis Dwi Setiyaningsih, NIM.: 18102040088 (2025) IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN PEMBATALAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN NGAWI TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN PEMBATALAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN NGAWI TAHUN 2024)
18102040088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN PEMBATALAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN NGAWI TAHUN 2024)
18102040088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya minat masyarakat mendaftar ibadah haji. Hal ini tentu perlu adanya tindakan secara representatif dan berkesinambungan, mengingat semakin banyaknya jemaah haji yang datang untuk meminta pelayanan informasi seputar haji, maka semakin ekstra pula kinerja yang harus dilakukan, tentu harus diperhatikan agar pelayanan yang diberikan dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian lebih jauh tentang pelayanan pendaftaran dan pembatalan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai pelayanan pendaftaran dan pembatalan ibadah haji yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Ngawi, serta apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pelayanan pendaftaran dan pembatalan haji yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Ngawi terhadap jemaahnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik induktif untuk mengetahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah dirumuskan. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi. dan salah satu jemaah haji di Kabupaten Ngawi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran dan pembatalan haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi sudah menerapkan pelayanan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pendaftaran Haji, Pembatalan Haji
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.352 Manajemen Haji-Umroh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2025 09:21
Last Modified: 05 Mar 2025 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum