Aplah Annisaa Nur Rahman, NIM.: 19104030003 (2025) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A1 DI RA MASYITHOH KADISONO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A1 DI RA MASYITHOH KADISONO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A1 DI RA MASYITHOH KADISONO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih kurang dalam memberikan kegiatan motorik kasar, karena kegiatan motorik kasar dalam satu minggu hanya diberikan satu sampai dua kali. Pada pra-penelitian sebanyak 8 anak dari 16 anak motorik kasarnya masih belum berkembang sesuai harapan seperti saat melakukan kegiatan melempar dan menangkap bola, memanjat, bergelantung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A1 serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A1 di RA Masyithoh Kadisono. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pamong kelompok A1, dan peserta didik kelompok A1 RA Masyithoh Kadisono. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu satu bulan. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A1 meliputi penyediaan kegiatan fisik seperti senam, melompat, berjalan di atas papan titian, merangkak, lari zig-zag, lempar tangkap bola, berdiri dengan satu kaki, berjalan jinjit, memanjat, bergelantung, berlari dan menendang bola, dan berlari sambil membawa bola. Faktor pendukung dalam upaya guru mengembangkan motorik kasar anak yaitu lingkungan sekolah dan alat pembelajaran yang lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah mood atau suasana hati anak, rasa percaya diri anak, dan keterbatasan pengetahuan guru.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dra. Nadlifah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | motorik kasar; anak usia dini; gerakan tubuh |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Mar 2025 14:42 |
| Last Modified: | 17 Mar 2025 14:42 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70530 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
