PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Nur Khofifah, NIM.: 18104020074 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
18104020074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
18104020074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik dan interaktif, terutama untuk materi qawā’id, masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran materi qowā’id berbasis Edpuzzle guna memenuhi kebutuhan peserta didik. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi kelayakan video melalui penilaian ahli media, ahli materi, dan guru serta menganalisis respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Proses pengembangan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan media, pembuatan produk, dan penyebaran hasil. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi menggunakan instrumen berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, lembar respon peserta didik dan pedoman dokumentasi. Kualitas produk dinilai menggunakan skala likert dengan skala 4 dalam bentuk checklist, sedangkan respon peserta didik diukur menggunakan skala Guttman. Penilaian melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, satu guru bahasa Arab, serta 32 peserta didik kelas VIII. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran berbasis Edpuzzle yang membahas materi qawāid tentang ‘amil nawashib pada bab ‘Iyadatul Marḍa. Penilaian ahli media menunjukkan presentase keidealan sebesar 97,7%, ahli materi 83,3%, dan guru bahasa Arab 98,6% dengan kategori sangat baik (SB). Respon peserta didik menunjukkan presentase keidealan sebesar 91,6% dengan kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran ini dinyatakan layak sebagai media pembelajaran interaktif untuk materi qawā’id pada peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; Materi Qowa’id; Edpuzzle
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Mar 2025 10:03
Last Modified: 18 Mar 2025 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum