MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Asri Utari, NIM.: 18102040060 (2025) MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
18102040060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
18102040060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Animo Masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi, sementara kuota haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi terbatas. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menyediakan haji khusus sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menunaikan haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dibandingkan dengan haji reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bagaimana manajemen pelayanan pra keberangkatan haji khusus di PT. Freshnel Kreasindo Perkasa Yogyakarta tahun 2023. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interactive model menurut Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh karyawan atau pembimbing kepada calon Jemaah haji khusus PT. Freshnel Kreasindo Perkasa sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi pelaksanaan pelayanan haji khusus, dimana memiliki sarana dan pra sarana untuk menunjang program-program yang ada, mampu bertanggung jawab kepada Jemaah, mampu melayani dengan cepat dan tepat, dapat berkomunkasi dengan baik, memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas, berusaha memahami kebutuhan jemaah, serta mampu memberikan kepercayaan kepada calon jemaah haji khusus. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti kurang jelasnya SOP, operasional haji dan umroh yang masih tercampur, serta kurangnya komunkasi antar bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Haji Khusus, Manajemeb Haji
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.352 Manajemen Haji-Umroh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2025 08:32
Last Modified: 25 Mar 2025 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum