Esti Fadlilah, NIM.: 19104020010 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG (TTS) DALAM BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS 5B MI AL ISLAMIYAH GANDEKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG (TTS) DALAM BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS 5B MI AL ISLAMIYAH GANDEKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG (TTS) DALAM BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS 5B MI AL ISLAMIYAH GANDEKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis Teka-Teki Silang (TTS) dalam belajar, terhadap peningkatan penguasaan mufradāt siswa kelas 5B MI Al Islamiyah Gandekan Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimental One Group Pretest-Postest Design, metode ini bertujuan untuk mengukur efektivitas suatu perlakuan tertentu dengan membandingkan hasil tes awal dan akhir pada satu kelompok partisipan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5B MI Al Islamiyah Gandekan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh Dimana semua semua siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumen, wawancara, Pre-Test dan Post-Test. Instrument diuji menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis dengan menggunakan uji Paired sample T test dengan menggunakan bantuan aplikasi Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil Pre-Test diperoleh rata-rata sebesar 58,85 Post-Test sebesar 92,3 dengan nilai peningkatan sebesar 33,45. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis diperoleh bahwa P-value sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil nilai Pre-Test dan Post-Test yang dilakukan diawal sebelum dan setelah menggunakan Treatment maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team games tournament berbasis teka teki silang terhadap peningkatan penguasaan mufradāt bahasa arab siswa kelas 5B Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Gandekan Bantul tahun ajaran 2023/2024, dengan ini dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Drs. Dudung Hamdun, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Mufradāt, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 10:50 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 10:50 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70628 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |