Putri Wanda Mawaddah, NIM.: 21104010043 (2025) PERAN ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS XII SMA KOLOMBO, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS XII SMA KOLOMBO, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA SISWA KELAS XII SMA KOLOMBO, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena dekadensi moral yang terjadi di kalangan siswa, yang ditandai dengan berbagai perilaku negatif seperti bullying verbal, ketidakjujuran akademik, kurangnya rasa hormat terhadap guru dan orang tua, serta lemahnya disiplin diri dalam belajar. Meskipun sekolah telah menerapkan berbagai program keislaman untuk membentuk karakter siswa, masih ditemukan permasalahan moral yang mengindikasikan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Islami belum berjalan optimal. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini hadir untuk 1) Menganalisis peranan orang tua dari siswa SMA Kolombo, Sleman Yogyakarta dalam penguatan karakter Islami pada siswa. 2) Menganalisis peran guru PAI SMA Kolombo, Sleman Yogyakarta dalam penguatan karakter Islami pada siswa. 3) Menganalisis implikasi peranan orang tua dan guru PAI SMA Kolombo terhadap penguatan nilai-nilai karakter Islami dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan dan teknik analisis deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu orang tua dan guru PAI SMA Kolombo, Sleman Yogyakarta. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengungkap bahwa 1) Peran orang tua dan guru PAI sangat penting dalam penguatan karakter Islami siswa. Orang tua membentuk budi pekerti luhur dengan memenuhi kebutuhan spiritual, membiasakan nilai-nilai Islam, menciptakan lingkungan kondusif, serta menerapkan pembelajaran Islam secara terpadu. 2) Guru PAI berperan sebagai evaluator, organisator, motivator, dan fasilitator dalam menilai, mengelola, serta membimbing siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. 3) Penguatan nilai karakter Islami di SMA Kolombo, Sleman Yogyakarta bergantung pada peran aktif siswa, orang tua, dan guru PAI. Orang tua diharapkan menanamkan nilai Islami di keluarga, sementara guru PAI perlu menggunakan metode serta strategi yang menarik dalam meningkatkan kerakter Islami siswa. Kolaborasi orang tua dan Guru PAI sangat penting untuk membentuk karakter Islami siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Dekadensi Moral, Karakter Islami, Peran Orang tua, Peran Guru PAI, Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 10:49 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 10:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70637 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |