ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024

Ummu Salamah S. Wutun, NIM.: 21104010068 (2025) ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024)
21104010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024)
21104010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, namun di Indonesia masih terdapat dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam berpotensi mengintegrasikan kedua aspek tersebut, tetapi masih menghadapi berbagai tantangan dalam implementasinya. MA Madania Bantul menjadi contoh madrasah yang menerapkan konsep pendidikan integrati melalui program unggulan dan Kurikulum Merdeka. Namun, tantangan dalam menjaga keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu umum tetap ada, terutama dalam perancangan kurikulum yang mempertahankan nilai-nilai keislaman tanpa mengabaikan ilmu umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum yang diimplementasikan dalam kurikulum Madrasah di MA Madania Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan filosofis untuk menganalisis integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum dalam kurikulum madrasah. Lokasi penelitian di MA Madania Bantul, dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, guru mata pelajaran umum, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi integrasi kurikulum di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Konsep integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum di MA Madania Bantul diwujudkan melalui visi dan misi madrasah, peran program ekstrakurikuler dan kebijakan madrasah dalam mendukung integrasi; 2. Implementasi integrasi dilakukan melalui penyisipan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran mata pelajaran umum, proyek-proyek kolaboratif, kurikulum yang terintegrasi, dan pembiasaan kegiatan keagamaan; 3. Terdapat tantangan dalam implementasi integrasi, antara lain perbedaan pemahaman guru, perbedaan kemampuan siswa, dan pengaruh lingkungan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Terintegrasi, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Umum, Kurikulum Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2025 10:49
Last Modified: 27 Mar 2025 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum