PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X

Lilis Syahidatul Nisa, NIM.: 21104060003 (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X)
21104060003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS X)
21104060003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil survei PISA pada tahun 2003, 2006, 2012, 2015, 2018, dan 2022, tingkat literasi sains di Indonesia tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh skor yang diperoleh masih berada di bawah rata-rata negara OECD. Penggunaan perangkat pembelajaran yang tidak sesuai untuk meningkatkan kemampuan literasi sains merupakan salah satu faktor siswa memiliki literasi sains yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa pada materi kimia hijau. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini meliputi ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia kelas X SMA). Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket reviewer, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil validasi menunjukkan persentase keidealan sangat baik, yaitu 90% (ahli materi), 94% (ahli media), 92% (reviewer I), 97% (reviewer II), dan 89% (reviewer III). Berdasarkan hasil validitas tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis PBL materi kimia hijau ini valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran, serta dinilai berpotensi untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Paed. Asih Widi Wisudawati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Problem Based Learning, Kimia Hijau
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Apr 2025 14:23
Last Modified: 09 Apr 2025 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum