Ema Marhumah, - and Iffah Khoiriyatul Muyassaroh, - (2025) Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta.
![]() |
Text (Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama)
Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Buku ini berangkat dari pemikiran dalam pidato pengukuhan Guru Besar saya yang berjudul "Hadis Misoginis: Resepsi, Negosiasi, dan Pergolakan Pemikiran antara Tradisi dan Modernitas di Indonesia." Dalam pidato ini, saya menyoroti bagaimana interpretasi hadis yang bias gender dapat membentuk budaya dan pemikiran masyarakat Islam serta memengaruhi struktur sosial. Mengacu pada pemikiran tersebut, buku ini bertujuan meninjau kembali pendekatan normatif dalam kajian hadis, khususnya dalam pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, hadis tidak hanya diperlakukan sebagai teks hukum, tetapi juga sebagai entitas yang kaya akan dimensi sosial yang kontekstual, sehingga mampu berkontribusi pada pengembangan keilmuan yang berkeadilan dan berimbang gender. Pendekatan integratif-interkonektif menjadi pijakan utama dalam memahami hadis sebagai sumber pendidikan Islam yang adaptif terhadap kebutuhan zaman serta mampu merespons tantangan kontemporer tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar Islam. Di sisi lain, pendekatan ini juga menekankan pentingnya sensitivitas gender dalam upaya memperbaiki ketimpangan sosial dan bias patriarkis yang sering ditemukan dalam interpretasi hadis tradisional. Dengan demikian, buku ini menawarkan sebuah kerangka untuk mengkritisi dan merekonstruksi pemahaman hadis yang lebih humanis dan aplikatif, sehingga dapat menciptakan pendidikan agama Islam yang inklusif, relevan, dan mampu menjawab tantangan zaman secara holistik. Lebih jauh lagi, dalam era perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, kebutuhan akan integrasi dan konektivitas antardisiplin ilmu menjadi sangat relevan, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI). Pendekatan integratif-interkonektif hadir sebagai upaya menjawab tantangan ini, di mana kajian hadis bukan hanya menjadi sumber hukum dan etika, tetapi juga berfungsi sebagai landasan pengembangan wawasan yang lebih luas dan komprehensif. Buku ini hadir untuk menggali potensi tersebut, dengan fokus pada tema besar "Pengembangan Ilmu Pengetahuan Integratif- Interkonektif Perspektif Hadis," yang bertujuan menjembatani pemahaman klasik dan kontemporer dalam Islam. Tema besar ini berupaya mengembangkan pendekatan interkonektif dalam memahami hadis, sehingga hadis diperlakukan bukan hanya sebagai teks normatif, tetapi juga sebagai sumber reflektif bagi pendidikan Islam yang responsif terhadap konteks zaman. Pendekatan ini mendukung pentingnya integrasi ilmu pengetahuan sebagai upaya mengatasi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia. Dengan demikian, buku ini menawarkan landasan yang menyeluruh dan fungsional bagi para pendidik dan akademisi dalam merumuskan materi pendidikan agama Islam yang relevan, aplikatif, dan kontekstual serta mampu mengatasi keterpisahan antardisiplin ilmu yang selama ini terjadi. Buku ini juga menyoroti bagaimana prinsip-prinsip dalam hadis dapat menjadi pilar pengembangan ilmu pengetahuan yang holistik. Melalui pendekatan ini, berbagai aspek dalam hadis akan dikaji untuk melihat kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang-bidang seperti etika, moralitas, dan nilai-nilai universal yang dapat diterapkan dalam pendidikan. Dengan pendekatan ini, diharapkan metodologi pendidikan Islam akan semakin kaya dalam menghadapi tantangan modern tanpa mengabaikan akar tradisionalnya yang kuat. Pendahuluan ini mengajak pembaca memahami pentingnya ilmu pengetahuan yang tidak terpisah-pisah, melainkan saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain, di mana perspektif hadis memberikan panduan bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang integratif dan relevan dengan tantangan zaman. Buku yang ada di hadapan Anda merupakan kajian hadis tentang integrasi dan interkoneksi antara ilmu dan agama—sebuah konsep yang mudah diucapkan tetapi memerlukan pendalaman yang harus dilakukan dengan tekun. Pembahasan dalam buku ini mencakup berbagai tema yang berhubungan dengan integrasi dan interkoneksi dalam pengetahuan dan agama, serta lima pembahasan utama, yaitu hadis sebagai basis pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI), ontologi, epistemologi, dan aksiologi hadis, pendidikan berbasis hadis, pendidikan sosial dan kebangsaan berbasis hadis, serta kepemimpinan dan Pancasila dalam perspektif hadis. Buku ini sengaja disusun dengan bahasa yang sederhana agar dapat dibaca oleh semua kalangan.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hadis, Integrasi Interkoneksi, Pengetahuan, Agama |
Subjects: | Hadis |
Divisions: | Buku |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:43 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 11:08 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70832 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |