Muhammad Ahsanul Mahfudhin, NIM.: 18104010059 (2025) PENANAMAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI MAN 2 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENANAMAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI MAN 2 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024)
18104010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENANAMAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI MAN 2 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024)
18104010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Fikih memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemahaman hukum islam, Terdapat sejumlah masalah yang menghambat keberhasilan dalam Pembelajaran Fikih terutama rendahnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan mereka cenderung pasif saat belajar. Pendekatan konstruktivisme yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran fi نih di MAN 2 Kulon Progo. 2) menganilisis motivasi belajar siswa pada saat diterapkan pendekatan kontruktivisme dalam Pembelajaran Fikih di MAN 2 Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey deskriptif yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil meliputi Guru fikih dan 7 siswa siswi kelas X dan XI MAN 2 Kulon Progo, Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, dan analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan pendekatan konstruktivisme dalam Pembelajaran Fikih di MAN 2 Kulon Progo bahwa guru sebagai fasilitator dan pengarah dalam membimbing siswa untuk belajar, menggunakan metode diskusi kelompok, presentasi, dan tanya jawab. Pendekatan ini telah sesuai dengan prinsip konstruktivisme, meskipun masih terdapat kendala yang relative sedikit berupa kurangnya keaktifan beberapa siswa. 2) Motivasi belajar siswa pada saat diterapkan pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Fikih di MAN 2 Kulon Progo termasuk kedalam kategori baik. Ditandai dengan adanya hasrat dan keinginan berhasil bagi siswa, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar bagi siswa, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seorang siswa dapat bealajar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sri Purnami, S.Psi. M.A. |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar; pendekatan kontruktivisme; pembelajaran fiqih |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 11:37 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 11:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70838 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |