INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK YATIM DI YAYASAN YATIM MANDIRI YOGYAKARTA

Qorina Khoirul Afifah, NIM.: 22204012004. (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK YATIM DI YAYASAN YATIM MANDIRI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK YATIM DI YAYASAN YATIM MANDIRI YOGYAKARTA)
22204012004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK YATIM DI YAYASAN YATIM MANDIRI YOGYAKARTA)
22204012004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Anak-anak yatim dengan latar belakang yang beragam, sering kali memiliki pengetahuan dan sikap keagamaan yang kurang. Selain itu, beberapa di antaranya masih menunjukkan akhlak yang kurang baik, seperti saling mengejek dan berbicara kasar kepada teman atau orang yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nilai keislaman, proses, dan mengetahui sejauh mana keberhasilan Internalisasi nilai-nilai keislaman dalam membentuk karakter religius anak yatim di Yayasan Yatim Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melibatkan purposive sampling untuk memilih responden yang dianggap memahami proses internalisasi nilai dalam pembentukan karakter anak yatim. Data dianalisis menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan keislaman di Yayasan Yatim Mandiri Yogyakarta berperan penting dalam pembentukan karakter anak yatim, dengan fokus pada internalisasi nilai akidah, syariah, dan akhlak. 2) Nilai akidah diajarkan melalui doa, mengaji, dan peringatan hari besar Islam. Nilai syariah ditekankan pada kebersihan dan kerapihan, meskipun belum sepenuhnya optimal. Sedangkan akhlak mencakup kepatuhan terhadap peraturan yayasan dan disiplin. 3) Keberhasilan internalisasi nilai-nilai ini tercermin dalam empat indikator karakter religius: toleransi, percaya diri, melindungi, dan ketulusan. Anak yatim menunjukkan toleransi melalui kegiatan buka puasa dan doa bersama, percaya diri dalam mengaji dan Olimpiade Al-Qur'an, melindungi melalui tata tertib dan bersihbersih, serta ketulusan dalam memperingati Maulid Nabi dan berbuka puasa bersama.Secara keseluruhan, kegiatan keislaman membentuk karakter religius anak yatim, menjadikan mereka lebih toleran, percaya diri, peduli, dan tulus, meskipun ada tantangan dalam penerapan nilai-nilai syariah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof Dr. H. Mahmud Arif, M. Ag
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai keislaman; karakter religius; anak yatim;
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Apr 2025 13:59
Last Modified: 15 Apr 2025 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum