Riham Fahira Rantayu, NIM.: 19104040026 (2025) PENGEMBANGAN LKPD MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LKPD MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI PERBANDINGAN)
19104040026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LKPD MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI PERBANDINGAN)
19104040026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model Guided Inquiry yang valid dan layak untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII melalui pembelajaran matematika materi perbandingan. Hal ini dikarenakan peran penting kemampuan koneksi matematis dalam kehidupan dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan yang rasional berdasarkan analitis dari pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya dalam menghadapi berbagai permasalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penerapan (Implement) dan tahap evaluasi (Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri atas ahli materi, ahli media dan ahli pendidik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara dan lembar validasi LKPD. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri atas analisis data kualitatif dan analisis kuantittatif untuk menganalisis kelayakan produk. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) LKPD model Gudied Inquiry terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis pada materi perbandingan berhasil dikembangkan melalui empat tahapan dari lima tahapan pengembangan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, dan Evaluate; 2) LKPD yang dikembangkan mendapatkan kualitas penilaian kelayakan valid dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 83,93%, ahli media sebesar 85% dan ahli pendidik sebesar 80,625%. Berdasarkan hal tersebut, LKPD model Guided Inquiry yang terintegrasi nilai-nilai kesilaman ini telah memenuhi kriteria kelayakan valid untuk melihat bahwa produk ini dapat diuji cobakan dalam memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik materi perbandingan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Raekha Azka, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | LKPD; guided inquiry; integrasi keislaman; kemampuan koneksi matematis. |
Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 14:08 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 14:08 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70841 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |