PENGEMBANGAN MEDIA TRILINGUAL GUIDEBOOK SEBAGAI BAHAN AJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI

Islahatul Aulia, NIM.: 22204032016 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA TRILINGUAL GUIDEBOOK SEBAGAI BAHAN AJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA TRILINGUAL GUIDEBOOK SEBAGAI BAHAN AJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI)
22204032016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA TRILINGUAL GUIDEBOOK SEBAGAI BAHAN AJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI)
22204032016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kecakapan bahasa asing di Indonesia menjadi alasan utama pentingnya pengenalan bahasa khususnya pengenalan bahasa asing sejak usia dini. Faktanya sudah banyak lembaga PAUD maupun TK yang sudah mulai mengenalkan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab disekolah, namun keterbatasan media pembelajaran menjadi kendala dalam penerapannya. Kondisi ini menunjukkan pentingnya adanya media pembelajaran untuk membantu pengembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa Trilingual Guidebook untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini, dan mengetahui keefektifan media yang telah dikembangkan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengembangan media Trilingual Guidebook sebagai bahan ajar guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini; (2) kelayakan produk Trilingual Guidebook sebagai bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini; (3) efektivitas dari pengembangan produk Trilingual Guidebook sebagai media dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four D) di TK Al-Fadlilah Maguwoharjo. Subyek penelitian yaitu kelompok B1 dengan jumlah total 15 peserta didik. Pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan angket validasi. Validasi media Trilingual Guidebook dilakukan dengan mencari uji kelayakan dan uji efektivitas. Uji kelayakan dilakukan dengan rumus (Nilai Persentase) berdasarkan perolehan nilai validator, sedangkan uji efektivitas menggunakan rumus uji N-Gain dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan beberapa temuan antara lain: (1) Media Trilingual Guidebook dikembangkan dengan model pengembangan 4-D (Four D) yaitu define, design, development, dan dessiminate; (2) Media Trilingual Guidebook mendapatkan perolehan nilai akhir oleh ahli media sebesar 90%, ahli materi bahasa Indonesia sebesar 96% , ahli materi bahasa Inggris sebesar 96%, dan ahli materi bahasa arab sebesar 90%, dengan kategori keseluruhan “Sangat Layak”; (3) Media Trilingual Guidebook berdasarkan kepraktisan media mendapatkan perolehan nilai akhir oleh pendidik 100% dengan kategori “Sangat Layak”; (4) Efektivitas media diuji dengan metode one group pretest-posttest, dan analisis data menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil analisis n-gain menunjukkan rata-rata skor 0,7 (kategori tinggi) dan persentase n-gain sebesar 79%, yang menunjukkan efektivitas media. Kesimpulan dari hasil analisis ini menunjukkan bahwa media Trilingual Guidebook layak pakai, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Trilingual Guidebook; anak usia 5-6 tahun; media pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Apr 2025 14:18
Last Modified: 15 Apr 2025 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum