PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X

Muhammad Abdul Khakim, NIM.: 19104040013 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X)
19104040013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X)
19104040013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Produk yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis pendekatan PMRI pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implement – Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian e-LKPD ini terdiri dari empat ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah peserta didik kelas X E1 SMA N 1 Minggir tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) E-LKPD berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) berhasil dikembangkan melalui lima tahapan pengembangan model ADDIE, 2) Kualitas e-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 292,63 dan memperoleh kriteria baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan e-LKPD ini memperoleh nilai rata-rata 55,98 dengan persentase keidealan sebesar 69,97%. sehingga e-LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 78,33% dan dinyatakan efektif. Dengan demikian, e-LKPD berbasis PMRI ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Iqbal Ramadani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; PMRI; kemampuan pemahaman konsep; SPLTV
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Apr 2025 15:52
Last Modified: 16 Apr 2025 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum