Armiya Sayidatun Nafi’ah, NIM.: 21104080043 (2025) PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL)
21104080043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL)
21104080043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Proses belajar merupakan suatu pengalaman yang di alami setiap siswa ditandai dengan adanya perubahan perilaku sebagai akibat interaksi dari mereka dengan lingkungannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yakni rendahnya self efficacy dan motivasi belajar, sehingga siswa perlu memiliki self efficacy dan motivasi belajar yang tinggi untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul, 3) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas V-B dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan memberikan kesempatan sama bagi seluruh populasi yang diteliti. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah divalidasi oleh ahli, wawancara dan dokumentasi. Data terkumpul diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan terdistribusi normal dan homogen selanjutnya menggunakan uji hipotesis dengan uji hipotesis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan jika hipotesis
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Motivasi belajar, dan Hasil belajar |
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 25 Apr 2025 13:12 |
| Last Modified: | 25 Apr 2025 13:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70902 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
