PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL

Armiya Sayidatun Nafi’ah, NIM.: 21104080043 (2025) PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL)
21104080043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIN 1 BANTUL)
21104080043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar merupakan suatu pengalaman yang di alami setiap siswa ditandai dengan adanya perubahan perilaku sebagai akibat interaksi dari mereka dengan lingkungannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yakni rendahnya self efficacy dan motivasi belajar, sehingga siswa perlu memiliki self efficacy dan motivasi belajar yang tinggi untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul, 3) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas V-B dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan memberikan kesempatan sama bagi seluruh populasi yang diteliti. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah divalidasi oleh ahli, wawancara dan dokumentasi. Data terkumpul diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan terdistribusi normal dan homogen selanjutnya menggunakan uji hipotesis dengan uji hipotesis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan jika hipotesis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Motivasi belajar, dan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 25 Apr 2025 13:12
Last Modified: 25 Apr 2025 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum