Ainun Mawaddah., NIM.: 23204021016 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS POWTOON DI KELAS VII MTS PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN PULAU PUNJUNG SUMATERA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS POWTOON DI KELAS VII MTS PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN PULAU PUNJUNG SUMATERA BARAT)
23204021016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS POWTOON DI KELAS VII MTS PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN PULAU PUNJUNG SUMATERA BARAT)
23204021016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kesulitan yang dihadapi santri dalam memahami konsep-konsep nahwu yang abstrak dan cenderung teoretis. Hal ini membuat motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran nahwu menurun sehingga santri tidak tertarik pada pembelajaran Nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain media pembelajaran berbasis powtoon yang dipilih karena memiliki fitur animasi interaktif yang dapat memvisualisasikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah santri kelas VII B MTs Pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji paired sampel t-test, dan uji N-Gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Nahwu berbasis Powtoon dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan validasi para ahli, dengan persentase penilaian sebesar 93% dari ahli media, 90% dari ahli materi, dan 96% dari guru mata pelajaran. Respons santri terhadap media ini juga sangat positif dengan persentase 84%. Media ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, ditandai dengan peningkatan skor dari 60% pada pre-test menjadi 79% pada post-test. Uji-t (Paired Sample T-Test) menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media Powtoon. Dengan demikian, media ini efektif dalam memfasilitasi pemahaman santri terhadap materi Nahwu di kelas VII MTs Pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung, Sumatera Barat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; nahwu; Powtoon |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 25 Apr 2025 13:21 |
| Last Modified: | 25 Apr 2025 13:21 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70903 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
