STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN MAGUWOHARJO 1 KEC. DEPOK SLEMAN

Khairatunni’mah. SM., NIM.: 23204011041. (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN MAGUWOHARJO 1 KEC. DEPOK SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN MAGUWOHARJO 1 KEC. DEPOK SLEMAN)
23204011041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN MAGUWOHARJO 1 KEC. DEPOK SLEMAN)
23204011041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran PAI. Dengan mengembangkan kreativitas, siswa dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam pelaksanaannya tentu dibutuhkan strategi yang tepat dari guru PAI, agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan kreativitas siswa pada Kurikulum Merdeka di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman; 2) Menganalisis pengembangan kreativitas siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman; 3) Menganalisis hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kreativitas siswa yang memiliki perbedaan individu pada Kurikulum Merdeka di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman. Jenis metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif interpretatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, pengecekan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik, yaitu pengecekan data dari sumber yang sama dalam teknik yang berbeda. Misalnya data diperoleh melalui wawancara, lalu dicek dengan observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah, Pertama, strategi guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan kreativitas siswa pada Kurikulum Merdeka di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman diantaranya: 1) Mengidentifikasikan dan menetapkan tingkah laku dari kepribadian siswa; 2) Mempertimbangkan dan memilih sistem belajar mengajar yang tepat; 3) Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar; 4) Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan. Kedua, pengembangan kreativitas siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman dapat dikatakan efektif dikarenakan telah memenuhi indikator kreativitas antara lain: 1) Fluency (Kelancaran); 2) Flexibility (Keluwesan); 3) Originality (Keaslian); 4) Elaboration (Keterperincian) 5) Sensitivity (Kepekaan). Ketiga, hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kreativitas siswa yang memiliki perbedaan individu pada Kurikulum Merdeka di SDN Maguwoharjo 1 Kec. Depok Sleman yaitu : 1) Sulit memahami karakteristik siswa; 2) Guru kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran berdiferensiasi, 3) Materi PAI terlalu sulit untuk jenjang SD; 4) Terdapat faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Sedya Santosa SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: strategi guru PAI, kreativitas siswa; kurikulum merdeka
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Apr 2025 13:26
Last Modified: 25 Apr 2025 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum