Rohani Sitorus Pane., NIM.: 222004012038 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGUATKAN KARAKTER KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MA BAITUSSALAM KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGUATKAN KARAKTER KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MA BAITUSSALAM KABUPATEN SIMALUNGUN)
22204012038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGUATKAN KARAKTER KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MA BAITUSSALAM KABUPATEN SIMALUNGUN)
22204012038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia cenderung memberikan penekanan yang dominan pada aspek kognitif saja. Hal ini dibuktikan dengan cara penilaian yang hanya menggunakan tes tertulis. Sementara, kemerosotan karakter yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengenaskan, konflik mengenai bully dan pembunuhan marak terjadi. Oleh karena itu, model pembelajaran yang mampu memfasilitasi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sangat diperlukan, terutama dalam menguatkan karakter keagamaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam menguatkan karakter keagamaan peserta didik di MA Baitussalam Kabupaten Simalungun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan studi kasus, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Serta, pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi yaitu: Triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan inovasi yang sangat efektif dan menarik jika dikaitkan dengan pendidikan dan penguatan karakter keagamaan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang menunjang penguatan karakter keagamaan peserta didik di MA Baitussalam. Kedua, Terdapat dua faktor dapat mempengaruhi dan menghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences ini adalah faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah dan keluarga peserta didik. Ketiga, Implikasi yang timbul setelah implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran diri peserta didik, sehingga mereka lebih mengenal diri sendiri, mengendalikan emosi, pikiran, perilaku, dan kesadaran spiritual. kesadaran diri ini membuat peserta didik semakin sadar dengan apa yang merupakan larangan dan sesuatu yang diperbolehkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, karakter keagamaan peserta didik lebih kuat dan melekat dalam diri peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya model pembelajaran dalam penguatan karakter keagamaan peserta didik pada kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Zulkipli Lessy, S.Ag., S.Pd., BSW, M.Ag., MSW., Ph.D. |
| Uncontrolled Keywords: | learning; multiple intelligences; religious character |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 25 Apr 2025 13:29 |
| Last Modified: | 25 Apr 2025 13:30 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70906 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
