TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JAJANAN PASAR DI WARUNG DESA POTORONO

Renata Annida Rafaghal, NIM.: 21103080017 (2025) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JAJANAN PASAR DI WARUNG DESA POTORONO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JAJANAN PASAR DI WARUNG DESA POTORONO)
21103080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JAJANAN PASAR DI WARUNG DESA POTORONO)
21103080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Para penjual jajanan pasar di warung Desa Potorono menjual jajanan pasar dengan membeli atau kulakan jajanan pasar di pasar tradisional Giwangan kemudian di jual kembali. Jajanan pasar memiliki cita rasa, tekstur dan bentuk yang beragam, serta menjadi favorit di antara masyarakat setempat, seperti lapis, klepon, apem, onde-onde, wajik, dan lain sebagainya. Dalam memilih jajanan pasar, umumnya pembeli tidak terlalu memperhatikan jajanan pasar yang diperjualbelikan, sehingga pembeli terkadang menemukan jajanan pasar yang mereka beli sudah tidak layak konsumsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif empiris. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Di dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa warung jajanan pasar yang ada di Desa Potorono merupakan warung yang didirikan sendiri oleh para penjual. Warung tersebut sudah didirikan cukup lama (minimal empat tahun). Jajanan pasar yang dijual oleh para penjual tidak hanya satu jenis jajanan pasar melainkan ada beberapa jenis jajanan pasar. Seperti klepon, apem, serabi, dadar gulung, lapis, dan lain-lain. Menurut rukun dan syarat jual beli praktik jual beli jajanan pasar di warung Desa Potorono sudah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli. Sedangkan menurut etika bisnis Islam belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip saling menguntungkan, prinsip integritas moral, prinsip kesatuan (Unity), prinsip tanggung jawab (Responsibility), dan prinsip kebenaran (Benevolence). Para penjual hanya dapat memenuhi beberapa prinsip saja, yakni prinsip keadilan dan prinsip kehendak bebas (Free Will).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Syafaul Mudawam, M.A., M.M.
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Jajanan Pasar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 343.07 Hukum Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Apr 2025 15:16
Last Modified: 29 Apr 2025 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum